Rabu, 04 Desember 2013

TUMBUHAN yang COCOK UNTUK BONSAI

Bagaimana kita dapat mengetahui bahwa tanaman tersebut adalah bonsai atau tanaman pendek, kecil, kerdil tapi berumur. Untuk itu kita harus mengetahui ciri-cirinya terlebih dahulu agar kita sebagai pemula yang ingin memeliharanya tidak terkecoh dan tertipu. Untuk itu kita harus mengetahui : ukuran serta gaya (style) bonsai, tanaman apa saja yang termasuk dalam klas bonsai.
Ciri-Ciri Bonsai 
Tanaman kecil atau kerdil bentuknya belum tentu dikatakan bonsai. Banyak tenaman kecil dan kerdil yang kita lihat dan ditanam didalam pot tetapi belum tentu dikatakan bonsai. Membuat dan membentuk tanaman untuk dijadikan bonsai membutuhkan waktu yang cukup lama dan membosankan, bahkan perlu waktu bertahun-tahun agar dapat dicapai bentuk yang sempurna. Kadang-kadang awalnya kita menemukan bakal tanaman yang akan kita jadikan bonsai, berbentuk A misalnya, tetapi setelah mencapai umur tertentu dan bertahun-tahun kita pelihara karena ada proses penuaan (training) kita akan merubah bentuknya menjadi B karena bentuk B dirasa lebih cocok dan lebih manis. Pada masa-masa itulah tanaman tersebut dilatakan ditraining. Training gunanya adalah untuk membentuk bonsai yang sesuai dengan selera seni kita. Training (proses penuaan atau pengerdilan dan proporsioanal secara kesuluruan, baik batang, cabang dan daun).
Untuk dikatakan bahwa tanaman kerdil dan kecil didalam pot adalah bonsai, tanaman tersebut harus memenuhi berbagai kriteria atau syarat tertentu antara lain :
Ukuran : Kecil, kecil sekali (mame bonsai) kurang dari 15 cm s/d 10 cm .Membuat atau membentuk bonsai Mame diperlukan ketelitian dan tidak semua jenis tanaman yang termasuk dalam kelas bonsai bisa disajadikan mame. Sedangkurang dari 1 m. Ukuran inilah yang palling banyak diminati oleh kolektor ataupun hobiis, karena ukuran ini paling ideal mudah merawatnya tidak memerlukan tempat yang luas dan masih banyak lagi keunggulan ukuran ini. Besar atau berukuran cukup besar 1 m keatas. Biasanya ukuran besar ini diperoleh dari alam, mencabut bonggolan tanaman. Bonsai ukuran besar memerlukan tempat serta media yang besar pula. Ukuran ini jarang diminati dan orang tertentu saja yang mengkoleksinya.
Bentuk/Style : Coba anda lihat dan amati tanaman yang ada disekitar anda yang cukup besar rimbun daunnya dari kejauhan. Lalu coba bayangkan kalau tanaman atau tumbuhan yang kita lihat ditanam dalam pot dalam ukuran kecil. Pasti akan terbayang alangkah indahnya dan cantiknya tanaman tersebut ada didalam pot dan diletakkan di ruang tamu kita. Nah itulah yang dinamakan bonsai, tanaman kecil atau tanaman yang dikerdilkan tetapi mempunyai bentuk yang sama apabila ditanam dialam bebas.
Umur : Tua atau lanjut usia, berumur belasan tahun, peluhan tahun bahkan ratusan tahun. Bisa kita dapat dari berburu di alam yang sudah cukup tua umurnya ditambah waktu training untuk mencapai bentuk yang mendekati sempurna, ini memerlukan waktu yang tidak terbatas. Ditanamn dari biji mermelukan waktu yang lama agar menjadi bonsai yang bentuknya sempurna.
Gaya atau style tanaman bonsai bermacam-macam, ada puluhan macam gaya bonsai yang diterapkan oleh hobis, namun dari berbagai macam gaya atau style bonsai ini maka kita kelompokkan saja menjadi lima gaya dasar dalam bahasa jepang yang terdiri dari :
  1. Chokkan - tegak lurus, formal upright
  2. Tachiki - tegak, informal upright
  3. Shakan - miring, slanting
  4. Han kengai - setengah menggantung, semi cascading
  5. Kengai - menggantung seperti air terjun, cascading
Semakin lama gaya bonsai ini semakin berkembang sebanding dengan banyaknya penggemar diseluruh dunia, bahkan gaya dalam dunia bonsai sekarang sudah tidak terhitung lagi. Sebagai contoh ada pada batang bonsai dipadu dengan ukiran ular naga, gaya melingkar, akar-akarnya terlihat, sebagian batangnya mati/dikerok, dahan bagian atas mati, mengelompok seperti hutan dan banyak lagi contoh lain. Tetapi berkembangnya gaya atau style bonsai ini tidak terlepas dari lima gaya dasar diatas.

Coba kita perhatikan pada setiap stan pameran, depot penjualan bonsai. Kalaupun bonsai ditanam didalam pot, maka pot tersebut sebagian besar pot dangkal (kecuali untuk bonsai yang bergaya menggantung). Bosai yang ditanam didalam rongga batu karang, atau pot yang bentuknya menyerupai batu berongga/batu karang yang dibuat lubang, batu buatan tangan, maka media tanamnya tidak terlalu banyak. Bonsai bergaya menggantung biasanya ditanam dalam pot dasarnya agak dalam, hal ini gunanya untuk menyesuaikan tanaman dengan potnya agar serasi. Untuk bonsai yang dahan dan cabangnya melebar kesamping sisi-sisinya ditanam didalam pot dangkal dan menyesuaikan lebarnya dahan dan cabang.
Bentuk-bentuk pot untuk menanam bonsai sesuai dengan gaya bonsai yang bersangkutan ;
  • Pot dangkal berbentuk memanjang (lonjong persegi panjang) ; cocok untuk bonsai bergaya tegak lurus, berkelompok (seperti hutan)
  • Pot dangkal berbentuk bulat/persegi ; cocok untuk bonsai bergaya miring
  • Pot dalam berbentuk bulan persegi ; cocok untuk bonsai bergaya menggantung, setengah menggantung
Di wilayah Indonesia banyak sekali tanamaan yang termasuk dalam klas bonsai dan dapat dijadikan bonsai yang artistik dan tentunya indah. Tanaman-tanaman ini apabila kita pelihara sesuai dengan pemeliharaan bonsai pada umumnya, maka akan didapatkan hasil yang sangat memuaskan, hal ini tentunya memerlukan waktu dan kesabaran bagi pemiliknya.
  1. Pohon Beringin (Ficus) - terutama berdaun kecil
  2. Pohon Bunut (ficus) - cantik kalau daunnya batu bertunas
  3. Pohon Ranting Putri - akarnya tahan air (tidak membusuk karena terlalu banyak air)
  4. Pohon Sisir - berbatang keras dan berduri
  5. Pohon Jeruk Lingkit - (citrus) berjenis kecil (daun dan buah)
  6. Pohon Murbay (Morus alba)
  7. Pohon Sianthau - Dewa Daru, cheryy suriname ( Eugenia michelli)
  8. Pohon Lobi - lobi ( Flacourtia inermis)
  9. Pohon Nam nam (Gynometra cauliflora)
  10. Pohon Jambu Biji (Psidium guajaya L)
  11. Pohon Sawo Kecik (Maniulkara kauki Dub)
  12. Pohon Asem (Tamarindus indica L) - tekstur batangnya yg indah
  13. Pohon Serut - daunnya bisa dikecilkan
Jenis pohon diatas memang sangat cocok untuk kita jadikan bonsai, apalagi jenis diatas banyak terdapat diwilayah Indonesia. Mengingat jenis tanaman di Indonesia banyak sekali jenisnya bahkan ratusan jumlahnya, maka untuk itu bagi penggemar atau hobiss disarankan mencari tanaman yang cocok untuk dijadikan bonsai terserah pohon apa saja. Namun perlu diingat bahwa tidak seluruh tanaman atau pohon bisa dijadikan bonsai. Sebagai langkah pertama apabila ingin mencoba, sebaiknya dengan beberapa macan jenis mengingat untuk menjadikan bonsai diperlukan waktu yang cukup lama bahkan butuh beberapa tahun.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : TUMBUHAN yang COCOK UNTUK BONSAI

0 komentar:

Posting Komentar